Konsep Kepatuhan Bidan Dalam Menjalankan Praktik


         Kepatuhan adalah sikap mau mentaati dan mengikuti suatu spesifikasi, standar atau aturan yang telah diatur dengan jelas yang diterbitkan oleh organisasi yang berwenang. Menurut Meissenheimer Standar adalah rentang variasi yang dapat diterima dari suatu norma atau kriteria, serta ukuran yang ditetapkan, dan disepakati bersama. Azwar menyatakan seseorang dikatakan patuh apabila ia dapat memahami, menyadari dan menjalankan peraturan yang telah ditetapkan, tanpa paksaan dari siapapun. Dari hasil penelitian Widiyanto (2003), dikatakan bahwa kepatuhan seseorang terhadap suatu standar atau peraturan dipengaruhi juga oleh pengetahuan dan pendidikan individu tersebut. Semakin tinggi tingkat pengetahuan, maka semakin mempengaruhi ketaatan seseorang terhadap peraturan atau standar yang berlaku.
           Bidan sebagai tenaga kesehatan dikatakan patuh apabila mau mentaati dan mengikuti suatu spesifikasi, standar atau aturan yang telah diatur dengan jelas yang dibuat oleh Dinas Kesehatan atau organisasi yang berwenang.. Dalam hal ini seorang BPS dikatakan patuh dalam program pelaporan pencatatan apabila bidan tersebut mau mencatat dengan benar dan melaporkan jumlah pasien yang ditangani per bulan dengan tepat waktu dan dilakukan atas kesadaran diri sendiri tanpa harus mendapatkan paksaan dari orang lain.
           Faktor yang mempengaruhi kepatuhan seseorang terdiri dari 2 faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi individu dipengaruhi oleh fasilitas, prosedur, supervisi dan kepemimpinan sedangkan Faktor Eksternal terdiri dari pengetahuan, pendidikan, masa kerja, motivasi, kemampuan, ketrampilan, dan beban kerja. Seseorang dapat dikatakan patuh apabila dapat mentaati dan mengikuti peraturan yang telah dibuat tanpa paksaan dari siapapun. Hal ini dapat ditunjukkan dengan sikap bidan mau mematuhi peraturan, mau mencatat hasil pemeriksaan dengan benar, dan mau melaporkan hasil pencatatan dengan tepat waktu.
Faktor Internal:
- Fasilitas
- Prosedur
- Supervisi
- Kepemimpinan
Kepatuhan Bidan Praktek Swasta
dalam pelaporan pencatatan
pelayanan KIA
- Mengisi form
- Mencatat hasil pemeriksaan
dengan lengkap dan benar
- Melaporkan pencatatan dengan
tepat waktu
Faktor Internal
- Pengetahuan
- Pendidikan
- Motivasi
- Masa kerja
- Beban kerja
- Kemampuan
- Ketrampilan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar