Usaha Kesehatan Sekolah


Usaha kesehatan sekolah merupakan salah satu usaha kesehatan pokok yang dilaksanakan oleh puskesmas dan juga usaha kesehatan masyarakat yang dijalankan disekolah-sekolah dengan anak didik beserta lingkungan sekolahnya sebagai sasaran utama. Usaha kesehatan sekolah berfungsi sebagai lembaga penerangan agar anak tahu bagaimana cara menjaga kebersihan diri, menggosok gigi yang benar, mengobati luka, merawat kuku dan memperoleh pendidikan seks yang sehat (Prasasti dalam Effendi, 2009).Usaha kesehatan di sekolah juga merupakan wadah untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik sedini mungkin. Usaha kesehatan di sekolah merupakan perpaduan antara dua upaya dasar, yakni upaya pendidikan sekolah dan upaya kesehatan, yang diharapkan UKS dapat dijadikan sebagai usaha untuk meningkatkan kesehatan anak usia sekolah pada setiap jalur, jenis, dan jenjang pendidikan (Ananto dalam Efendi, 2009).Unit kesehatan sekolah juga memiliki definsi yaitu upaya membina dan mengembangkan kebiasaan hidup sehat yang dilakukan secara terpadu melalui program pendidikan dan pelayanan kesehatan disekolah, perguruan agama serta usaha-usaha yang dilakukan dalam rangka pembinaan dan pemeliharaan kesehatan di lingkungan sekolah (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dalam Nasrul,1998).UKS juga merupakan wahana untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan selanjutnya membentuk perilaku yang sehat sehingga menghasilkan derajat kesehatan yang optimal (Departemen Kesehatan dalam Nasrul, 1998)
Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah suatu usaha  dan kegiatan yang dilakukan pihak sekolah untuk memberikan pelayanan kepada siswa yang membutuhkan pelayanan kesehatan pada tingkat pertama (pertolongan pertama). upaya terpadu lintas program dan lintas sektoral untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan selanjutnya membentuk perilaku hidup sehat dan bersih bagi peserta didik baik di sekolah maupun di masyarakat. Menurut Nasrul (2006) menjelaskan bahwa pengetahuan dipengaruhi oleh umur, pendidikan, pekerjaan, informasi yang didapatkan untuk prilaku hidup bersih sehat melalui program usaha kesehatan sekolah.
Adapun manfaat dan tujuan dari uks adalah:Tujuan Umum:Meningkatkan kemampuan perilaku hidup bersih dan sehat, dan derajat kesehatan siswa serta menciptakan lingkungan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal.Tujuan Khusus:Memupuk kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehat dan meningkatkan derajat kesehatan siswa, yang mencakup :1.      Memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk melaksanakan prinsip hidup bersih dan sehat serta berpartisipasi aktif di dalam usaha peningkatan kesehatan di sekolah, di rumah tangga maupun di lingkungan masyarakat.2.       Sehat fisik, mental maupun sosial.3.       Memiliki daya hayat dan daya tangkal terhadap pengaruh buruk penyalahgunaan NAPZADengan adanya uks disekolah memudah kan siswa yang sakit untuk mendapatkan pertolongan pertama yang diberikan oleh petugas yang ada di uks. Manfaat lain dari uks itu sendiri adalah dengan mengadakan pemeriksaan secara teratur dan berkala terhadap siswa maupun lingkungan sekolah. Kebersihan uks sekolah dapat mencerminkan kegiatan yang ada didalamnya. Uks yang baik sebaiknya memiliki sarana prasarana yang lengkap, pertukaran udara yang lancar, kebersihan yang baik, pencahayaan yang cukup, dan selalu diadakan pembaharuan-pembahauan terhadap kegiatan yang akan dilakukan. Pelayanan yang diberikan oleh petugas uks sebaiknya diperhatikan kondisi siswa yang membutuhkan.TRIAD UKS tersebut meliputi:Pengadaan dan Pengawasan Sarana Prasarana Pendukung UKS1.Renovasi Ruang UKS2.Renovasi Kamar Mandi / WC3.Merawat Kebun Sekolah4.Mengatur Kantin5.Merawat dan mengatur Taman6.Mengatur dan menyesuaikan kebutuhan perlengkapan kelas7.Mengatur dan menyesuaikan kebutuhan perlengkapan UKSMasalah-masalah yang sering terjadi disekolah adalah sebagai berikut:1. Setiap hari ada siswa yang sakit (sakit ringan)2. Tidak semua dirujuk di Puskesmas3. Bila yang sakit banyak, ruangan UKS tidak memenuhi syarat.Adapun pemecahan masalah yang dapat dilakukan adalah:1. Pertolongan pertama diberikan bantuan obat-obatan ringan sesuai dengan kebutuhan2. Bila sakitnya parah baru diberi surat rujukan ke Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat3.Yang sakitnya agak berat diperbolehkan di ruangan UKS atau berobat di Puskesmas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar